437 Rensi: Mau Menjadi Seperti Esau Atau Yakub

Shalom Alaichem b'Shem Jeshua HaMasciach, tema renungan siang hari ini adalah

*MAU MENJADI SEPERTI ESAU ATAU YAKUB*

Mari kita membaca kisah Esau dan Yakub dalam :

Kejadian 25:29-33 (TB)  Pada suatu kali Yakub sedang memasak sesuatu, lalu datanglah Esau dengan lelah dari padang.
Kata Esau kepada Yakub: "Berikanlah kiranya aku menghirup sedikit dari yang merah-merah itu, karena aku lelah." Itulah sebabnya namanya disebutkan Edom.
Tetapi kata Yakub: "Juallah dahulu kepadaku hak kesulunganmu."
Sahut Esau: "Sebentar lagi aku akan mati; *apakah gunanya bagiku hak kesulungan itu?"*
Kata Yakub: "Bersumpahlah dahulu kepadaku." Maka bersumpahlah ia kepada Yakub dan dijualnyalah hak kesulungannya kepadanya.

Dalam Kisah diatas ada dua perbedaan yang sangat mencolok antara Esau dan Yakub.
Dalam hidup Esau dia sangat tidak memperhatikan hal-hal yang rohani atau yang kekal, dia menganggap hal rohani tidak terlalu penting. Saat itu bagi Esau makanan jasmani lebih penting, karena itu saat dia merasakan kelaparan,dia dengan begitu mudahnya menyerahkan hak kesulungannya kepada adiknya Yakub.
Sedangkan Yakub sangat memperhatikan dan mengejar hal-hal yang rohani dan kekal walaupun dia mendapatkannya dengan cara menipu.
Yakub mengejar berkat yang akan di berikan Ishak kepada Esau dengan menipu ayahnya, Ishak. *Kej 27:19*

Kejadian 27:19 (TB)  Kata Yakub kepada ayahnya: "Akulah Esau, anak sulungmu. Telah kulakukan, seperti yang bapa katakan kepadaku. Bangunlah, duduklah dan makanlah daging buruan masakanku ini, agar bapa memberkati aku."

Bahkan saat bergumul dengan malaikat Tuhan Yakub pun tidak mau melepaskan kalau tidak diberkati, dalam diri Yakub ada semangat yang luar biasa untuk mengejar hal-hal yang kekal.

*Kejadian 32:26*
Lalu kata orang itu: "Biarkanlah aku pergi, karena fajar telah menyingsing." Sahut Yakub: *"Aku tidak akan membiarkan engkau pergi, jika engkau tidak memberkati aku."*

Banyak sekali di zaman akhir ini manusia  yang seperti Esau yang sangat menganggap enteng atau meremehkan hal-hal rohani karena bagi mereka hal yg rohani adalah suatu kebodohan.

*1 Korintus 2:14*
Tetapi manusia duniawi tidak menerima apa yang berasal dari Roh Allah, *karena hal itu baginya adalah suatu kebodohan;* dan ia tidak dapat memahaminya, sebab hal itu hanya dapat dinilai secara rohani.

Bagi manusia duniawi,  hal rohani tidak dianggap penting, bahkan di lingkungan kita seringkali kita dianggap melakukan hal yang sia-sia dan bodoh, saat ada orang yang lebih mementingkan ibadah daripada mencari uang, atau bersenang-senang, dunia semakin jahat dan banyak manusia tidak mempedulikan hal rohani seperti Esau. Namun kita sebagai anak-anak Allah kita diingatkan agar kita tidak mempunyai nafsu yang rendah seperti Esau

*Ibrani 12:16*
*Janganlah ada orang yang menjadi cabul atau yang mempunyai nafsu yang rendah seperti Esau,* yang menjual hak kesulungannya untuk sepiring makanan.

Bahkan saat ini banyak orang meninggalkan Tuhan Yesus hanya karena uang, jabatan, pekerjaan,  isi perut, kesenangan duniawi dan juga pasangan hidup.

Marilah kita mencontoh Yakub yang dengan segala daya upaya berusaha mengejar berkat Rohani. Sehingga kitapun dapat memperoleh Kasih dan berkat Allah seperti Yakub.

*Roma 9:13*
seperti ada tertulis: *"Aku mengasihi Yakub,* tetapi membenci Esau

Saudaraku, pilihan ada ditangan kita.  Mau menjadi sahabat dunia tetapi menjadi musuh Allah,  atau bergiat-giat dalam mencari Allah sekalipun diremehkan dunia..?
Apakah kita mau seperti Esau yang di benci Allah atau mau seperti Yakub yang dikasihi oleh Allah ? Pilihan ada pada kita masing-masing, kalau mau seperti Esau maka hanya mengejar hal-hal duniawi yang fana, atau jika mau seperti Yakub, maka kita terus berupaya mengejar hal-hal rohani yang kekal?

Sekali lagi,  pilihan ada di kita masing-masing..  ingat,  pilihan kita menentukan kelak dimana kita akan hidup.. dalam damai sejahtera kekal di Rumah Bapa,  atau dalam ratap dan kertak gigi serta siksaan yang tak berkesudahan..

Selamat siang,  Tuhan Yesus memberkati..

by PD AUTOPIA Malang
31102016
_lilychristantisantoso_

Komentar

Postingan populer dari blog ini

2272 Rema: TUHAN MEMBERIKAN YANG KITA BUTUHKAN BUKAN YANG KITA INGINKAN

2334 Rema: PERBEDAAN ORANG FASIK DAN ORANG BENAR

520 Rensi: Hukuman Menambah dan Mengurangi Firman