434 Regi: Kemenangan Besar

Shalom Alaichem b'Shem Jeshua HaMasciach

Saudara terkasih dalam TuhanYesus,  Firman renungan pagi ini dengan tema

*KEMENANGAN BESAR*

*Yosua 6:20 (TB)  Lalu bersoraklah bangsa itu, sedang sangkakala ditiup; segera sesudah bangsa itu mendengar bunyi sangkakala, bersoraklah mereka dengan sorak yang nyaring. Maka runtuhlah tembok itu, lalu mereka memanjat masuk ke dalam kota, masing-masing langsung ke depan, dan merebut kota itu.*

Sejarah mencatat,  kota Yerikho adalah sebuah kota yang sangat kuat,  luas kota itu sekitar 4 hektar,  tembok yang mengelilingi nya setinggi 14 meter dan ketebalan tembok sekitar 6 meter.  Pada jaman Yosua,  sepertinya mustahil mengalahkan kota dengan tembok yang sedemikian kuat dan kokoh. Yerikho dianggap sebagai kota bertembok yang tak terkalahkan,  dan dilindungi oleh dewa-dewa Kanaan.

Tetapi,cara Allah menghancurkan Yerikho sungguh ajaib. Hanya dengan sorak sorai yang nyaring dan pujian !! Betapa hebat Allah kita.. Sungguh benar firmanNya,  bahwa Dia bertahta di atas puji-pujian umatNya

*Maz 22:4*
Padahal Engkaulah Yang Kudus yang bersemayam di atas puji-pujian orang Israel.


Gambaran masalah yang begitu besar,  kalau Daud menghajar Goliat hanya dengan satu ayunan lemparan batu,  Yosua meluluh lantakkan tembok Yerikho yang begitu kuat dengan pujian, ada satu kesamaan dalam 2 kasus ini, yaitu sama-sama dengan membawa nama Tuhan,  Allah Yang Perkasa, Allah Semesta Alam

*1 Sam 17:45*.
Tetapi Daud berkata kepada orang Filistin itu: "Engkau mendatangi aku dengan pedang dan tombak dan lembing, tetapi *aku mendatangi engkau dengan nama TUHAN semesta alam,* Allah segala barisan Israel yang kautantang itu.


Faktor *penyertaan Allah* mempunyai peranan yang sangat-sangat penting dalam hal kemenangan atas segala pergumulan dan permasalahan kita.Coba perhatikan

*Yos 5:13-15*
Ketika Yosua dekat Yerikho, ia melayangkan pandangnya, dilihatnya seorang laki-laki berdiri di depannya dengan pedang terhunus di tangannya. Yosua mendekatinya dan bertanya kepadanya: "Kawankah engkau atau lawan?"
Jawabnya: "Bukan, *tetapi akulah Panglima Balatentara TUHAN. Sekarang aku datang."* Lalu sujudlah Yosua dengan mukanya ke tanah, menyembah dan berkata kepadanya: "Apakah yang akan dikatakan tuanku kepada hambanya ini?"
Dan Panglima Balatentara TUHAN itu berkata kepada Yosua: "Tanggalkanlah kasutmu dari kakimu, sebab tempat engkau berdiri itu kudus." Dan Yosua berbuat demikian.


Luar biasa bukan?!  Yosua disadarkan akan kehadiran Allah yang tidak tampak bersama bala tentara sorgawiNya,  siap berperang bersama umatNya yang setia.
Pengalaman Yosua mengajarkan pada kita,  bahwa ternyata,  kita tidak sendiri dalam pergumulan kita di dunia.
Ada kuasa Adi kodrati yang ikut berperang bagi kita.. yang bekerja mendatangkan kebaikan bagi kita..

*Rom 8:28*
*Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja* dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.


Saudara terkasih,  jangan lupakan penyertaan Allah, ingatlah
*Yes 49:15*
Dapatkah seorang perempuan melupakan bayinya, sehingga ia tidak menyayangi anak dari kandungannya? Sekalipun dia melupakannya, *Aku tidak akan melupakan engkau*


karena ketika kita lupa bahwa Allah beserta kita,  di saat itulah akal budi kita berkuasa atas kita dan cepat atau lambat, akan menghancurkan pengharapan kita..

Mari,  ingat kasihNya,  ingat kebaikanNya,  ingat AnugerahNya,  kalau Yerikho saja hancur dengan pujian,  apalagi yang kita takutkan.. Ada kemenangan besar yang Allah sediakan bagi kita,  Allah lebih dari segala-galanya.. Terpujilah nama TuhanYesus Kristus kekal selamanya... Halleluya.. amin.

Selamat beribadah,  tetap bersemangat,  Tuhan Yesus memberkati.

by PD AUTOPIA Malang
30102016
_hasannysantoso_

Komentar

Postingan populer dari blog ini

2272 Rema: TUHAN MEMBERIKAN YANG KITA BUTUHKAN BUKAN YANG KITA INGINKAN

2334 Rema: PERBEDAAN ORANG FASIK DAN ORANG BENAR

520 Rensi: Hukuman Menambah dan Mengurangi Firman