2303 Regi: S A B A R

Shalom Aleichem b'Shem Yeshua Ha Mashiach, renungan hari ini dengan tema:

*S A B A R*

*Bacaan Yakobus 5:7-11*

Nats

*1 Timotius 6:11 (TB)* Tetapi engkau hai manusia Allah, jauhilah semuanya itu, kejarlah keadilan, ibadah, kesetiaan, kasih, kesabaran dan kelembutan.


Saudara, kesabaran merupakan salah satu kunci untuk menjalani kehidupan ini, karena kita diperkenan hidup di dunia yang penuh ketidaksabaran, inginnya serba instan.
Bahkan dalam menjalankan proyek kasih, proyek hidup Kudus, faktor kesabaran sangat menentukan tingkat keberhasilannya.

Alkitab telah menunjukkan kesabaran luar biasa orang-orang pilihannya misal: Abraham, Ayub, Daud dan bahkan sosok Tuhan Yesus yang telah memberi teladan hidup dengan penuh kesabaran sehingga mendatangkan keselamatan bagi yang percaya.

*1 Timotius 1:16 (TB)*  Tetapi justru karena itu aku dikasihani, agar dalam diriku ini, sebagai orang yang paling berdosa, Yesus Kristus menunjukkan seluruh kesabaran-Nya. Dengan demikian aku menjadi contoh bagi mereka yang kemudian percaya kepada-Nya dan mendapat hidup yang kekal.


Tuhan Yesus menunjukkan kesabarannya tidak saja menggambarkan Allah Bapa yang penuh kesabaran, tetapi sebagai manusia sepenuhnya Tuhan Yesus dapat menunjukkan kesabaran tersebut.

Dalam perjanjian baru setidaknya ada 5 tindakan kesabaran manusia yang diperkenan Allah:

*1 Sabar terhadap orang lain* Sebagai makhluk sosial pasti kita kerap kali menjumpai keadaan yang menyebalkan yang membuat ketidaksabaran itu muncul,antrian panjang, jalan macet serobot sana serobot sini, sehingga mau tidak mau hidup kita dipengaruhi oleh orang lain. Ketika kita hidup dengan cara hidup Kristus secara otomatis, kedagingan kita harus tunduk, dan akan mengalami transformasi menjadi orang orang yang lemah lembut, rendah hati, kasih panjang sabar kepada orang lain

Efesus 4:2-3 (TB)  Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam hal saling membantu. 
Dan berusahalah memelihara kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera:

*2.Sabar melakukan ke baikan*
Melakukan kebaikan pada orang lain, yang dilakukan dengan tekun  dan sabar, merupakan wujud dari firman yang  bertumbuh dalam hidup kita.

Lukas 8:15 (TB)  Yang jatuh di tanah yang baik itu ialah orang, yang setelah mendengar firman itu, menyimpannya dalam hati yang baik dan mengeluarkan buah dalam ketekunan."

Melakukan kebaikan, akan membuat rasa empati kita semakin tumbuh dan akan mematikan rasa egois dan iri hati.

*3 Sabar dalam memimpin*
Kesabaran yang  ditunjukkan dalam Alkitab dalam hal memimpin (keluarga, dalam tugas) jangan sampai menimbulkan pertengkaran, tetapi harus ramah dan sabar

*2 Timotius 2:24 (TB)*  sedangkan seorang hamba Tuhan tidak boleh bertengkar, tetapi harus ramah terhadap semua orang. Ia harus cakap mengajar, sabar


Pimpinan yang sabar akan menjadi teladan bagi anggotanya,
sehingga kesabaran itu tumbuh dalam diri anggotanya.

*4 Sabar dalam penderitaan* Tindakan kesabaran yang paling sulit dilakukan, adalah sabar dalam penderitaan,lebih mudah menghadapi keadaan yang menjengkelkan. Akankah kita tetap sabar apabila janji Allah belum tergenapi. Akankah kita tetap sabar apabila dalam kesusahan, kesesakan seperti yang dicontohkan Paulus

2 Korintus 6:4 (TB)  Sebaliknya, dalam segala hal kami menunjukkan, bahwa kami adalah pelayan Allah, yaitu: dalam menahan dengan penuh kesabaran dalam penderitaan, kesesakan dan kesukaran,

Meneladani kesabaran para nabi seperti

*Yakobus 5:10 (TB)*  Saudara-saudara, turutilah teladan penderitaan dan kesabaran para nabi yang telah berbicara demi nama Tuhan.


*5.Sabar menanti hari kedatangan Tuhan Yesus*
Sebagai anak-anak Tuhan kesabaran yang terbesar adalah menanti kedatangan Tuhan Yesus, yang tidak diketahui Kapan kedatanganNya. Namun demikian Kita harus dengan tekun dan sabar menanti kedatanganNya

*Yakobus 5:8 (TB)*  Kamu juga harus bersabar dan harus meneguhkan hatimu, karena kedatangan Tuhan sudah dekat!

Karena itu Mari kita belajar sabar seperti petani menantikan hasil dari garapannya, tanpa bersungut sungut.
Marilah kita kejar kesabaran dengan lemah lembut sehingga kita tidak jatuh dalam penghakiman.

Tuhan Yesus memberkati, Amin

*PD Autopia Malang*
_eddy mulyono_

Komentar

Postingan populer dari blog ini

2272 Rema: TUHAN MEMBERIKAN YANG KITA BUTUHKAN BUKAN YANG KITA INGINKAN

2334 Rema: PERBEDAAN ORANG FASIK DAN ORANG BENAR

520 Rensi: Hukuman Menambah dan Mengurangi Firman