42102 Regi : BERJAGA-JAGA LAH

 Shalom Aleichem b'Shem Yeshua Ha Maschiach.


Selamat pagi saudaraku terkasih, salam sehat penuh syukur dan sukacita.

Judul renungan pagi ini adalah 


*BERJAGA-JAGA LAH*


FirmanNya diambil dari 


*Matius 25:11-13* (TB)  ¹¹Kemudian datang juga gadis-gadis yang lain itu dan berkata: Tuan, tuan, bukakanlah kami pintu!

¹²Tetapi ia menjawab: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya aku tidak mengenal kamu.

¹³Karena itu, berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu akan hari maupun akan saatnya.


Dalam pewartaan  Injil kali ini, Yesus  Sang Guru Kehidupan 

 menceritakan *perumpamaan tentang sepuluh gadis*. 


Kisah tersebut bukan fiktif, melainkan benar. Kisah itu berasal dari budaya Yahudi tentang pernikahan. Ada semacam pesta menjelang pernikahan di mana mempelai laki-laki akan mengambil mempelai perempuan, dari rumah ayahnya, di tengah malam secara tiba-tiba tanpa memberitahukan waktu kedatangannya.


Waktu yang panjang di malam hari dan tidak tahu kapan datangnya membuat para mempelai perempuan biasanya bosan untuk menungggu dan mengantuk. 


Sampai tiba waktu tengah malam, akhirnya terdengar suara yang berseru-seru bahwa mempelai laki-laki datang dan semua dipanggil untuk menyongsongnya. Lima gadis bijaksana menyarankan supaya 5 gadis lainnya membeli minyak. Selagi mereka membeli minyak, mempelai yang dinantikan itu datang dan segera masuk ke perjamuan kawin bersama dengan 5 gadis bijaksana. Pintu pun segera ditutup sebab pesta telah dimulai. Sedangkan 5 gadis bodoh terlambat datang dan pintu sudah ditutup. Mereka ditolak dan Sang Mempelai tidak mengenal mereka.


Maka walaupun di tengah gelapnya malam hendaknya mempelai perempuan tetap *membawa pelita termasuk cadangannya dalam buli-buli* sebagai persiapan apabila minyak dalam pelitanya habis. Demikian sehingga mempelai perempuan yang masih terus memegang pelita yang bernyala akan mudah dikenali oleh mempelai laki-laki. 


Perumpamaan tentang sepuluh gadis _(5 gadis bodoh dan 5 gadis bijaksana)_ merupakan contoh terbaik yang digunakan Yesus Sang Guru Kehidupan untuk menjelaskan nasihat tentang *berjaga-jaga dengan kewaspadaan dan penuh persiapan*. 


Dan para rasul tahu, bahwa Sang Mempelai itu adalah Yesus sendiri. Karena _(sebelumnya)_ Ia pernah menyamakan DiriNya dengan seorang mempelai laki-laki _(Lukas 5:34.35)_. Lalu siapakah 10 gadis itu? Ya para rasul sendiri dan para pengikutNya juga kita sekalian! 


Marilah kita berlaku seperti 5 gadis bijaksana. Karena *kita tidak tahu kapan Yesus Sang Mempelai akan datang dan kapan hari akhir akan tiba* 


*Matius 25:13 (TB)*  

Karena itu, berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu akan hari maupun akan saatnya."


Maka marilah kita mengindahkan nasihat Yesus Sang Mempelai supaya *terus berjaga-jaga, bersiap, dan memastikan lampu minyak kita tetap menyala* _(Luk 12:32.35)_. 


Selamat hari Minggu dan selamat beribadah 

Tuhan Yesus  memberkati.


*PD Autopia Malang*

*Susi Indung*

Komentar

Postingan populer dari blog ini

2272 Rema: TUHAN MEMBERIKAN YANG KITA BUTUHKAN BUKAN YANG KITA INGINKAN

2334 Rema: PERBEDAAN ORANG FASIK DAN ORANG BENAR

520 Rensi: Hukuman Menambah dan Mengurangi Firman