42088 Regi : Tanda-tanda Orang Dekat Kepada Tuhan

 Shalom Aleichem b'Shem Yeshua Ha Maschiach.

Kiranya damai Kristus menyertai kita pada sepanjang hari ini.


Judul renungan:


*Tanda-tanda Orang Dekat Kepada Tuhan*


Nas Alkitab: 


*Mazmur 119:164* (TB)  Tujuh kali dalam sehari aku memuji-muji Engkau, karena hukum-hukum-Mu yang adil.


Para kekasih Kristus seseorang dikatakan memiliki hubungan yang dekat dengan orang yang lain atau terhadap sesuatu setidaknya memiliki ciri-ciri:


1. Secara frekuensi orang tersebut *banyak bertemu satu dengan lainnya,* terlebih pada zaman modern sekarang ini. Orang bisa bertemu _off-line_ atau _on-line_ melalui _telephone, sms, whatsapp_ ataupun _videocall,_ kapanpun, di manapun dan dalam suasana apapun. Pada zaman Raja Daud di mana kehidupan pada waktu itu sangat minim sarana, antara tahun 1040–970 SM, namun ia telah menjalin hubungan dengan Allah tujuh kali dalam sehari. Hubungan itu berisikan *_puji-pujian akan kekaguman Daud terhadap TUHAN, Allah-nya_* *(Mazmur 119: 164).*


Hubungan Daud yang membuktikan kedekatannya dengan TUHAN, setiap hari dimulai melalui seruannya kepada-Nya waktu pagi hari:


_TUHAN, pada waktu pagi Engkau mendengar seruanku, pada waktu pagi aku mengatur persembahan bagi-Mu, dan aku menunggu-nunggu._ - 

*Mazmur 5:4* (TB) 


Waktu pagi yang dimaksudkan disini diperkirakan antara pukul 3-5 pagi, sebab sebagai raja atas Israel, kesibukan Daud mulai pukul 6 sudah sangat luar biasa.


Sampai pada malam hari yang diingat adalah nama dan Taurat TUHAN:


_Pada waktu malam aku ingat kepada nama-Mu, ya TUHAN; aku hendak berpegang pada Taurat-Mu._ -  

*Mazmur 119:55* (TB)


2. Selanjutnya secara lebih mendalam, kedekatan relasi dapat dinyatakan dalam ekspresi ketergantungan hidup seseorang terhadap orang yang dikagumi luar dalam.


Pertemuan antara Rasul Paulus bertemu dengan Tuhan Yesus di Jalan Damsyik setelah kebangkitan Kristus merupakan titik balik dari kebencian menjadi ketergantungan Paulus terhadap Kristus yang tidak terbantahkan. Sampai-sampai Paulus bersaksi bahwa: 


_Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan._ - 

*Filipi 1:21* (TB)  


Sungguh-sungguh Paulus mengkaitkan kehidupannya dengan kehidupan Kristus. Dan betapa hal ini merupakan pernyataan kedekatan tanpa batas antara diri Rasul Paulis dengan pribadi Tuhan Yesus


Ciri di atas menjadi karakter kehidupan dari orang-orang yang dekat kepada TUHAN. Marilah kita menilik diri sendiri, sejauh mana kita saat ini berada, karena:


_Apabila *Kristus, yang adalah hidup kita, menyatakan diri kelak, kamu pun akan menyatakan diri bersama dengan Dia dalam kemuliaan.*_ - 

*Kolose 3:4* (TB)  


Marilah memiliki kedekatan dengan TUHAN secata bersungguh-sungguh agar kemuliaan bagi kita yang telah direncanakan-Nya kita terima pada saatnya.


Selamat pagi, selamat Minggu dan selamat beribadah di gereja masing-masing.


*PD Autopia - Malang*

_gunawanwibisono_

Komentar

Postingan populer dari blog ini

2272 Rema: TUHAN MEMBERIKAN YANG KITA BUTUHKAN BUKAN YANG KITA INGINKAN

2334 Rema: PERBEDAAN ORANG FASIK DAN ORANG BENAR

520 Rensi: Hukuman Menambah dan Mengurangi Firman