42091 Regi : Believe" dan "Trust"

 Shalom Aleichem b'Shem Yeshua Ha Maschiach. 

Saudara kekasih Kristus renungan firman  pagi ini diambil dari 


*Mazmur 37:5 (TB)*  

Serahkanlah hidupmu kepada TUHAN dan percayalah kepada-Nya, dan Ia akan bertindak; 


Tema : 


 *"Believe" dan "Trust"* 


Kedua kata di atas dalam bahasa Indonesia mempunyai arti yang sama percaya. Tetapi ada perbedaan seperti yang tercantum dalam kamus yaitu arti kata "believe" merujuk pada kepercayaan akan kebenaran tentang sesuatu meskipun tanpa bukti, sedangkan arti kata "trust" merujuk pada kepercayaan akan kemampuan sesuatu atau seseorang yang dapat diandalkan. 

Sebagai umat kristen kita mengakui percaya bahwa Tuhan Yesus adalah Tuhan yang menebus dosa kita, mengalami kematian, kebangkitan dan hidup sampai selamanya. Walaupun kita tidak pernah melihat secara kasat mata tetapi kita percaya. Inilah yang diartikan " believe". 


 *Yohanes 11:25-26 (TB)*  

Jawab Yesus: "Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati, dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya. Percayakah engkau akan hal ini?"


Tuhan Yesus menegaskan dalam merespon pernyataan Marta bahwa siapapun yang percaya kepadaNya akan beroleh kehidupan kekal. Kita juga menyatakan iman percaya kita kepada Tuhan Yesus saat kita dibaptis dan seperti dalam pengakuan iman Rasuli setiap hari Minggu, yaitu aku percaya kepada Allah, Bapa yang maha kuasa, khalik langit dan bumi. Dan kepada Yesus Kristus, AnakNya yang tunggal Tuhan kita....  


Janji kehidupan kekal itu adalah kasih karunia Tuhan yang dicurahkanNya dan Tuhan menginginkan kita merespon  janjiNya dengan percaya mau menyerahkan kehidupan kita di dalam rencanaNya karena sebenarnya IA dapat diandalkan dalam segala perkara. Sekalipun rencana Tuhan sering bertentangan dengan keinginan kita. Tetapi kita tidak perlu kuatir karena hidup dan mati kita sekarang adalah milik Tuhan Yesus yang maha kuasa.  Seperti Abraham dengan iman dan taat untuk melakukan apa yang diperintahkanNya yaitu mengorbankan anak tunggalnya dimana ini bukan suatu yang mudah. Inilah yang dinamakan " trust". Abraham tidak sekedar percaya dengan mulutnya tetapi dengan segenap  hatinya. Baginya apa yang difirmankan atau diperintahkan Tuhan itu pasti yang terbaik. 

Sehingga Abraham memiliki sikap believe dan trust. Oleh karena itu Tuhan memberikan julukan kepadanya sebagai bapa orang beriman 

*( Roma 4: 17 ).* 


Janji Tuhan juga diberikan kepada kita yaitu orang yang mengasihiNya, seperti firmanNya di :


 *Roma 8:28 (TB)*  

Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.


Tuhan berjanji akan turut bekerja atau bertindak dalam hidup kita mendatangkan segala yang baik jikalau kita mengasihi Dia. Apa ciri orang yang mengasihiNya ? Kalau kita mempunyai hubungan yang dekat denganNya, menyerahkan hidup dan setia melakukan firmanNya. Maka karakter kita diubahkan menjadi serupa dengan karakter Kristus. 

Marilah terus giat merawat iman percaya dengan mendengarkan dan melakukan firmanNya. Tidak cukup mengaku percaya saja tetapi perlu memperlihatkan bukti iman kita dengan melakukan perubahan. Karena iman tanpa perbuatan pada hakikatnya mati

 ( *Yakobus 2: 17 )* 


Selamat pagi. Selamat beraktifitas. Tuhan Yesus memberkati 


 *PD Autopia Malang* 

 *Wita*

Komentar

Postingan populer dari blog ini

2272 Rema: TUHAN MEMBERIKAN YANG KITA BUTUHKAN BUKAN YANG KITA INGINKAN

2334 Rema: PERBEDAAN ORANG FASIK DAN ORANG BENAR

520 Rensi: Hukuman Menambah dan Mengurangi Firman