42077 Regi : Memberi dengan sukacita membawa berkat

 Shalom Aleichem b' Shem Yeshua Ha Maschiach.


Renungan firman Tuhan pagi ini dengan tema,:


*Memberi dengan sukacita membawa berkat.*


Bacaan firman.:


*2 Korintus 9:6-8 (VMD)* 

Ingatlah ini: Orang yang menanam sedikit akan menuai sedikit, dan orang yang menanam banyak akan menuai banyak.

Setiap orang hendaklah memberi sesuai dengan kerelaan hatinya. Jangan berikan jika itu membuat kamu sedih. Sebaiknya orang jangan memberi jika ia merasa terpaksa. Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita.

Dan Allah dapat memberi berkat yang berlimpah-limpah kepadamu, lebih daripada yang kamu perlukan, sehingga kamu selalu berkelimpahan. Kamu akan memiliki lebih daripada cukup untuk setiap pekerjaan yang baik.


Kekasih Kristus yang diberkati Tuhan.


Bersyukur kepada Allah dimana kita sebagai anak anak Allah, selalu mendapat kasih kemurahan Nya dan senantiasa dididik untuk memiliki iman yang benar.

Dengan telah kita diberkati baik berkat jasmani maupun berkat secara rohani yang memberikan kekuatan, pengertian dan hikmatNya.

Dengan semua itu, kita tidak diperkenan untuk menikmati secara egois ataupun serakah demi untuk mengenyangkan perut dan kepuasan diri sendiri.

Berbahagialah kita yang sudah diingatkan melalui firman Nya seperti tertulis dalam 


*Matius 10: 42 (TB)* 

Dan barangsiapa memberi air sejuk secangkir saja pun kepada salah seorang yang kecil ini, karena ia murid-Ku, Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya ia tidak akan kehilangan upahnya dari padanya.


Bagaimana dengan motivasi kita sendiri dalam hal memberi..??


Melalui Paulus kita diingatkan tidak ada seorangpun yang memberi dengan rela hati akan dibiarkan Allah berkekurangan. Sebab Allah sendiri turut bekerja dan berkarya dalam kehidupan kita, semua sudah diperhitungakan Allah Sang pemilik berkat, ingat hukum tabur tuai tetap berlaku sesuai dengan kehendak Nya :


*Amsal 11:24-25 (TB)* 

Ada yang menyebar harta, tetapi bertambah kaya, ada yang menghemat secara luar biasa, namun selalu berkekurangan. 

Siapa banyak memberi berkat, diberi kelimpahan, siapa memberi minum, ia sendiri akan diberi minum.


Dengan memberi, maka orang lain merasa diberkati dan jika kita memberi dengan sukacita mak banyak orang lain ,orang yang tersentuh oleh kasih Nya.


Marilah kita mempunyai motivasi yang benar sesuai perintah Nya dan jangan menunda lagi untuk berbuat baik.

Memberi bukan untuk mendapat pujian, bukan juga supaya menjadi terkenal, tetapi ada niat memberlakukan kasih Kristus dengan ikhlas dan tulus, mengingat semua berkat itu berasal dari Allah.


Juga perlu diingat bahwa Allah akan menyediakan kecukupan, bahkan kelimpahan, orang yang memberi akan diperkaya dengan kemurahan hati karena itu milikilah motivasi iman yang benar.

Jangan sampai mempunyai motivasi yang salah, yang sering kita dengar guyonan bhs jawa ( jangan jadi petinju, nggegem rapet).


Tindakan memberi tidak hanya menunjukkan kepedulian terhadap yang membutuhkan, tetapi *merupakan ucapan syukur kepada Allah* atas pemeliharaan Allah kepada hidup kita.

Sebab dalam hal memberi, ternyata tidak semua orang memiliki pemahaman yang sama, apalagi yang menyangkut berkat harta dunia.

Hendaknya tidak mempunyai motivasi yang salah yang bertendensi macam macam dalih dan alasan .

Banyak syarat ketika mau memberi yang dikaitkan dengan kepentingan pribadi sehingga kasih Kristus yang menjadi landasan diabaikan.

Seharusnya kita sebagai anak Tuhan yang sudah lebih dulu ditebus dengan kasihNya, sudah semestinya tergerak hatinya untuk rela memberi karena sadar bahwa memberi adalah *perwujudan iman kepada Yesus Ktistus*


Ketika kita memberi, kita mencerminkan anugerah Allah bagi manusia  berdosa dan membuat iman kita menjadi hidup.

Ingatlah saudaraku, Tuhan Yesus tidak pernah menunda melakukan kebaikan ya tentunya semua menurut cara Allah sendiri sesuai dengan waktu Allah juga.


Mari kita lakukan sesuai yang Tuhan Yesus lakukan dengan sensntiasa menghadirkan kuasa Roh Kudus yang membimbingnya.


Selamat pagi selamat beraktivitas, dimanapun berada kiranya kita bisa menjadi berkat dan terang kasihNya, Amin.

Tuhan Yesus memberkati


*PD.Autopia Malang*

  ernawati eliyus.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

2272 Rema: TUHAN MEMBERIKAN YANG KITA BUTUHKAN BUKAN YANG KITA INGINKAN

2334 Rema: PERBEDAAN ORANG FASIK DAN ORANG BENAR

520 Rensi: Hukuman Menambah dan Mengurangi Firman