42067 Regi : Akulah Terang Dunia

 Shalom Aleichem b'Shem Yeshua Ha Maschiach.

Kiranya damai sejahtera Kristus menyertai hidup kita pada sepanjang hari ini.


Judul renungan pagi ini adalah: 


*Akulah Terang Dunia*


Nas Alkitab: 


*Yohanes 8: 12*

Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup."


Para kekasih Kristus, kata terang dapat didefinisikan sebagai: _dapat dilihat dengan jelas._ Adapun sumber terang bisa yang berasal dari matahari, bulan, lampu, sentolop, lentera, obor apapun juga yang dapat digunakan untuk mengusir kegelapan terutama pada malam hari. 


Tuhan Yesus menyebutkan bahwa dirinya adalah: Terang dunia. Siapapun yang bersama-sama dengan Dia dapat berjalan di dunia ini tanpa mengalami kondisi kegelapan, karena Yesuslah:


Terang yang benar, yang menerangi setiap orang, datang ke dalam dunia._ - 

*Yohanes 1: 9* Shellabear 2011


Pengertian Terang Kristus ini ditujukan ke arah menerangi hati setiap orang yang sungguh-sungguh percaya kepada-Nya serta menjalankan sabda-sabda-Nya. jika hal itu dilakukan, maka Tuhan Yesus secara pasti akan melepaskan mereka dari kegelapan dosa dan tipu muslihat Iblis. 


Sebaliknya, pendusta mengatakan bahwa dirinya mengikut Kristus, namun hidupnya masih dalam kegelapan, menyukai perbuatan dosa mengikuti kesenangan duniawi dan memanjakan egoisme kedagingannya. 


*1 Yohanes 1:6-7*

Jika kita katakan, bahwa kita beroleh persekutuan dengan Dia, namun kita hidup di dalam kegelapan, kita berdusta dan kita tidak melakukan kebenaran. Tetapi jika kita hidup di dalam terang sama seperti Dia ada di dalam terang, maka kita beroleh persekutuan seorang dengan yang lain, dan darah Yesus, Anak-Nya itu, menyucikan kita dari pada segala dosa.


Waspada dan berhati-hatilah, karena Terang telah datang kepada kita, bersamalah dengan Sang Terang ini; karena bersama Terang-Nya, kita dimampukan menjauhi perbuatan-perbuatan jahat.

 

*Yohanes. 3: 19*

Dan inilah hukuman itu: Terang telah datang ke dalam dunia, tetapi manusia lebih menyukai kegelapan dari pada terang, sebab perbuatan-perbuatan mereka jahat.


Sehingga terang Kristus itu yang akan menyucikan kita dan dosa 


*1 Yohanes 1:7*

Tetapi jika kita hidup di dalam terang sama seperti Dia ada di dalam terang, maka kita beroleh persekutuan seorang dengan yang lain, dan *darah Yesus, Anak-Nya itu, menyucikan kita dari pada segala dosa.*


Hidup di dalam terang Kristus berarti mempercayai kebenaran Allah serta berusaha sungguh-sungguh dan terus-menerus hidup di dalam kasih karunia-Nya; berjuang untuk mematuhi Sang Firman itu dalam perkataan dan tindakan. Dengan demikian *darah Kristus akan menyucikan kita dari segala dosa.* Marilah secara berkesinambungan dan terus-menerus berjuang untuk hidup di dalam terang Kristus, agar kita dibersihkan dari noda dosa dunia dan kelak pada waktu-Nya, kita akan bersukacita karena dapat bertemu *muka dengan muka dengan-Nya (1 Kor. 13: 12)* dalam Kerajaan-Nya yang kekal. Haleluya!


Selamat pagi dan selamat bergereja pada hari Minggu ini. 


*PD Autopia – Malang*

_gunawanwibisono_

Komentar

Postingan populer dari blog ini

2272 Rema: TUHAN MEMBERIKAN YANG KITA BUTUHKAN BUKAN YANG KITA INGINKAN

2334 Rema: PERBEDAAN ORANG FASIK DAN ORANG BENAR

520 Rensi: Hukuman Menambah dan Mengurangi Firman