42055 Regi : Supaya tetap hidup

 Shalom Aleichem b'Shem Yeshua Ha Maschiach. Kekasih Kristus renungan  pagi ini diambil dari: 


*Amos 5:4 - 5(TB)*  

Sebab beginilah firman TUHAN kepada kaum Israel: "Carilah Aku, maka kamu akan hidup!  Janganlah kamu mencari Betel, janganlah pergi ke Gilgal dan janganlah menyeberang ke Bersyeba, sebab Gilgal pasti masuk ke dalam pembuangan dan Betel akan lenyap." 


Tema 


*Supaya tetap "hidup"* 


Arti kata hidup dalam kamus besar bahasa Indonesia adalah masih terus ada, bergerak dan bekerja. Seseorang dikatakan masih hidup ketika ia masih ada atau masih bernafas. Dokter akan menyatakan seseorang meninggal ketika denyut jantungnya berhenti maka ia tidak hidup. 

Berbeda keadaan dengan kota zombie yaitu Philadelphia di Amerika. Dimana sebagian besar penduduk di pinggiran kota adalah pengguna narkoba yang dapat bergerak tetapi tidak dapat berkomunikasi. Mereka bergerak seperti mayat yang hidup. Data menunjukkan banyak pengangguran di kota tersebut yang meningkat seiring dengan penggunaan narkoba. 


Dalam firman hari ini Tuhan mengingatkan kita untuk mencari Tuhan supaya kita dapat hidup. Melalui karya keselamatan Tuhan Yesus, kita akan tetap hidup baik di dunia ini maupun dalam kehidupan kekal kelak. Terdapat hanya satu jalan untuk menjaga karya keselamatan supaya tetap hidup ketika kita mau mendekat kepadaNya dan melakukan firmanNya yang menuntun kita pada kebaikan, kebenaran dan kekudusan. Seperti firmanNya : 


*Matius 4:4* 

Tetapi Yesus menjawab: "Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah." 


Bukan hanya kebutuhan secara jasmaniah yang membuat manusia hidup tetapi terlebih firman Tuhan yang menghidupi jiwa dan roh manusia supaya tetap hidup. 


*Matius 19:17* 

Jawab Yesus: "Apakah sebabnya engkau bertanya kepada-Ku tentang apa yang baik? Hanya Satu yang baik. Tetapi jikalau engkau ingin masuk ke dalam hidup, turutilah segala perintah Allah."


Kuasa perkataan atau firman Tuhan ini menjadikan kita dapat menjalani kehidupan yang benar dan memberi faedah. Oleh karena itu kita harus berjuang melakukan apa yang diperintahkan Tuhan dan hanya itulah satu-satunya yang baik dihadapan Tuhan. Karena itu marilah kita mendekatkan diri kepada Tuhan bukan kepada dunia yang sedang menuju kepada kebinasaannya agar kita beroleh hidup. 


*1 Yohanes 2:16-17 (TB)*  

Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia.

Dan dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah tetap hidup selama-lamanya.


Hidup menuruti kehendak Tuhan membuat kita hidup selamanya tetapi hidup menuruti keinginan duniawi menuju kepada kematian selamanya seperti zombie yang pada akhirnya hancur karena kejahatan menguasainya. 

Karena itu marilah menggunakan waktu untuk merenungkan firman Tuhan siang dan malam seperti ranting yang melekat kepada pokok anggur dan dapat tumbuh dan  bekerja menghasilkan buah yang berguna. Sehingga kita tetap hidup untuk bertumbuh menjadi ranting yang kokoh dan berbuah lebat. 


*Yohanes 15:5 (TB)*  Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.


Selamat beraktivitas dan mempunyai semangat untuk mencari Tuhan, bersekutu dan hidup dalam firmanNya. Tuhan Yesus memberkati. 


*PD Autopia Malang* 

*Wita*

Komentar

Postingan populer dari blog ini

2272 Rema: TUHAN MEMBERIKAN YANG KITA BUTUHKAN BUKAN YANG KITA INGINKAN

2334 Rema: PERBEDAAN ORANG FASIK DAN ORANG BENAR

520 Rensi: Hukuman Menambah dan Mengurangi Firman