42054 Regi : Harus Berbeda

 Shalom Aleichem b'Shem Yeshua Ha Maschiach 

Kekasih Kristus.

Renungan firman Tuhan pagi ini, diambil dari


*Roma 12:2 (TB)*  

Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.


Tema 


*Harus Berbeda*


Mari kita berdoa 


*Tuhan Yesus sumber segala hikmat dan pengertian,  aku mohon belas kasih HU agar aku Kau mampukan untuk dapat mengerti, memahami dan melakukan apa yang menjadi perintah HU, amin*


Sebagai orang yang percaya kepada Tuhan Yesus tentunya firman di atas sudah tidak asing lagi bagi telinga kita, bahkan kebanyakan kita sudah hafal firman ini. Namun yang menjadi pertanyaannya apakah kita sudah mampu melaksanakan firman Tuhan ini? Hanya kita dan Tuhan saja yang tahu.


Banyak diantara kita yang bertanya, bagaimana mungkin kita masih hidup di dunia kok justru harus berbeda dengan orang orang dunia,  orang orang yang tidak percaya dan tidak mengenal kepada Tuhan Yesus. Memang secara akal budi dan kemampuan kita tentunya sulit, jika kita tidak mempunyai niat yang sungguh-sungguh dan memohon tuntunan Roh Kudus.


Ingat kita juga tahu bahwa air laut adalah sangat asin namun apakah ikan ikan yang hidup di dalam laut  juga asin? Tentunya tidak,  demikian juga seharusnya kita sebagai orang orang yang sudah dipilih, dipanggil dan diselamatkan dari hukuman maut akibat dosa-dosa kita seharusnya memang kita menjadi pribadi yang berbeda dengan orang orang di luar Kristus, orang orang yang tidak percaya kepada Tuhan Yesus.


Itulah tugas kita sebagai orang orang pilihan harus memiliki perbedaan dengan orang orang bukan pilihan,  yaitu berbeda dalam hal yang baik, yang benar, yang mulia, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah. Artinya cerminan tingkah laku perbuatan dan ucapan kita harus mencerminkan Kristus dalam setiap langkah kita, sehingga orang yang tidak mengenal Tuhan Yesus akan melihat cahaya Kristus dalam kehidupan kita.


Oleh karena itu kita harus berbeda dengan orang dunia yang hidupnya dikuasai oleh hawa nafsu, kejahatan, hal hal kedagingan dan dosa. Kita harus berjuang dengar sungguh-sungguh untuk hidup baru, hidup dalam tuntunan Roh Kudus yang berbuahkan kasih, kebaikan, kebenaran, kemuliaan dan kekudusan,  sehingga harus ada perjuangan yang sungguh untuk melakukan firmanNya dalam


*Kolose 3:5-6 (TB)* 

Karena itu matikanlah dalam dirimu segala sesuatu yang duniawi, yaitu percabulan, kenajisan, hawa nafsu, nafsu jahat dan juga keserakahan, yang sama dengan penyembahan berhala,

semuanya itu mendatangkan murka Allah [atas orang-orang durhaka].


Hal ini dapat kita lakukan jika kita mengundang kuasa Allah dalam tuntunan Roh Kudus,  sebab tanpa itu jika kita menggunakan kekuatan kita sendiri maka kita pasti akan gagal, kembali menjadi sama dengan orang orang dunia.


Memang dahulu kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalah terang di dalam Tuhan. Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang,

karena terang hanya berbuahkan kebaikan dan keadilan dan kebenaran, 

*Efesus 5:8-9 (TB)*


Inilah yang pada akhirnya kita akan bisa menjadi tidak serupa dengan dunia ini, menjadi pribadi yang berbeda dengan orang orang dunia, sebab kita sudah hidup dalam terang bukan dalam kegelapan lagi, tetapi kita hidup menjadi anak-anak terang supaya terang kita terus bercahaya menyinari kegelapan dunia,  karena itu jangan lagi kita kembali kepada dosa menyerahkan tubuh ini sebagai senjata kelaliman, tetapi hendaklah tubuh ini kita serahkan kepada Allah untuk dipakai sebagai senjata senjata kebenaran sebagaimana yang tertulis dalam


*Roma 6:12-13 (TB)*  

Sebab itu hendaklah dosa jangan berkuasa lagi di dalam tubuhmu yang fana, supaya kamu jangan lagi menuruti keinginannya.

Dan janganlah kamu menyerahkan anggota-anggota tubuhmu kepada dosa untuk dipakai sebagai senjata kelaliman, tetapi serahkanlah dirimu kepada Allah sebagai orang-orang, yang dahulu mati, tetapi yang sekarang hidup. Dan serahkanlah anggota-anggota tubuhmu kepada Allah untuk menjadi senjata-senjata kebenaran. 


Jika kita tetap kembali kepada kehidupan lama kita yang dikuasai dosa, yang berarti kita menjadi sama dengan orang dunia, padahal kita sudah mengerti tentang kebenaran maka ingatlah firman Tuhan yang mengatakan 


 Sebab jika kita sengaja berbuat dosa, sesudah memperoleh pengetahuan tentang kebenaran, maka tidak ada lagi korban untuk menghapus dosa itu.

Tetapi yang ada ialah kematian yang mengerikan akan penghakiman dan api yang dahsyat yang akan menghanguskan semua orang durhaka. 

*Ibrani 10:26-27 (TB)*


Kiranya firman ini mampu mengingatkan dan menyadarkan kita sebagai orang yang percaya kepada Tuhan Yesus yang disebut sebagai anak-anak terang atau anak anak Allah, sudah seharusnya dan sudah menjadi kewajiban kita *Harus berbeda* dengan dunia. 

Jangan jemu jemu berjuang menjadi anak-anak terang mohon dan undanglah Roh Kudus untuk menolong dan menuntun kita supaya kita benar-benar menjadi pribadi yang tidak serupa dengan dunia ini.


Selamat pagi, selamat beraktivitas 

Tuhan Yesus memberkati kita semua, amin.


*PD Autopia Malang*

Wibisono

Komentar

Postingan populer dari blog ini

2272 Rema: TUHAN MEMBERIKAN YANG KITA BUTUHKAN BUKAN YANG KITA INGINKAN

2334 Rema: PERBEDAAN ORANG FASIK DAN ORANG BENAR

520 Rensi: Hukuman Menambah dan Mengurangi Firman