42037 Regi : Tuntutan TUHAN

 Shalom aleichem b'shem Yeshua Ha Maschiach 

Salam sejahtera dalam Tuhan Yesus, sepanjang hari ini.


Renungan pagi ini berjudul: 


*Tuntutan TUHAN*


Nas Alkitab: 


*Mikha 6: 8*

"Hai manusia, telah diberitahukan kepadamu apa yang baik. Dan apakah yang dituntut TUHAN dari padamu: selain berlaku adil, mencintai kesetiaan, dan hidup dengan rendah hati di hadapan Allahmu?"


Para kekasih Kristus, ayat di atas menguatkan kita bahwa kepada kita telah diberitahukan hal-hal yang baik, bahkan di dalam diri kita telah disematkan benih illahi, bukan dari benih yang fana, melainkan dari benih yang abadi, untuk menjalankan perihal itu:


*1 Petrus 1:23* (TB)  Karena kamu telah dilahirkan kembali bukan dari benih yang fana, tetapi dari benih yang tidak fana, oleh firman Allah, yang hidup dan yang kekal.


Yang dimaksudkan dengan dilahirkannya kita kembali, hal itu telah dimulai sejak pembaptisan diri kita, sebagaimana kesaksian firman Tuhan dalam 


*Roma 6:3-4* (TB)  

Atau tidak tahukah kamu, bahwa kita semua yang telah dibaptis dalam Kristus, telah dibaptis dalam kematian-Nya? Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru.


Melalui kesadaran akan pembaharuan hidup itulah kita dituntut tiga hal standar kebaikan menurut Allah, yaitu: 


1) bertindak dengan adil (tidak memihak dan jujur terhadap sesama; 

2) murah hati atau melakukan kebaikan bagi mereka yang membutuhkan; dan 

3) hidup dengan rendah hati di hadapan-Nya serta menghormati kehendak-Nya. Dengan demikian Allah akan menganugerahkan tempat bagi kita sesuai dengan kasih karunia-Nya.


*1 Petrus 5:6* (TB)  Karena itu rendahkanlah dirimu di bawah tangan Tuhan yang kuat, supaya kamu ditinggikan-Nya pada waktunya.


Sehingga jelas di sini bahwa bukan berbagai persembahan yang diperlukan TUHAN untuk kita menjadi perkenan-Nya, tetapi sebagaimana yang dikehendaki dalam


*Mikha 6:6-7* (TB)  "Dengan apakah aku akan pergi menghadap TUHAN dan tunduk menyembah kepada Allah yang di tempat tinggi? Akan pergikah aku menghadap Dia dengan korban bakaran, dengan anak lembu berumur setahun? Berkenankah TUHAN kepada ribuan domba jantan, kepada puluhan ribu curahan minyak? Akan kupersembahkankah anak sulungku karena pelanggaranku dan buah kandunganku karena dosaku sendiri?"


Melainkan sikap adil dan kasih terhadap sesama, serta kerendahan hati di hadapan Allah dengan menghormati dan melaksanakan kehendak-Nya.


Marilah bermohon agar Roh Kudus menolong kita untuk bertekun dalam upaya melaksanakan ketiga tuntutan TUHAN dengan tuntunan-Nya sendiri. Amin.


Selamat pagi, selamat beraktivitas dan beribadah Minggu.


*PD Autopia - Malang*

_gunawanwibisono_

Komentar

Postingan populer dari blog ini

2272 Rema: TUHAN MEMBERIKAN YANG KITA BUTUHKAN BUKAN YANG KITA INGINKAN

2334 Rema: PERBEDAAN ORANG FASIK DAN ORANG BENAR

520 Rensi: Hukuman Menambah dan Mengurangi Firman