41994 Regi : HIDUP HARUS MELEWATI PROSES PEMURNIAN

 Shalom Aleichem b'Shem Yeshua Ha Maschiach

Tema renungan pagi ini :


*HIDUP HARUS MELEWATI PROSES PEMURNIAN*


Bacaan firman dari :  


*1 Petrus 2:18-25*


*Nas: 1 Petrus 2:21*

"Sebab untuk itulah kamu dipanggil, karena Kristus pun telah menderita untuk kamu dan telah meninggalkan teladan bagimu, supaya kamu mengikuti jejak-Nya."  


Satu bulan yang lalu kita telah lewati hari yang bersejarah bagi iman  Kristen, Kamis putih, Jumat agung, Sabtu Sunyi dan Minggu Paskah, hari hari itu hari yang sakral bagi umat Kristen, hari yg membangkitkan emosi dan empati. Begitu kita mengenang perjuangan Yesus dalam mematuhi perintah Bapa Sorgawi, taat setia sampai mati, namun karena ketaatan, kesetiaan Nya dan IA tidak berdosa maka IA dibangkitkan kembali dari orang mati. Itulah teladan Yesus bagi pengikutNya.


Semua orang di dunia ini tanpa terkecuali pasti pernah mengalami masalah.  Masalah sakit-penyakit, penderitaan, pergumulan dan sebagainya, adalah bagian dari kehidupan manusia selama hidup di dunia ini.  

Berbicara tentang masalah dan penderitaan, tidak seorang pun yang rela mengalaminya walau kenyataannya hampir semua orang pernah menderita.  Masalah dan penderitaan itu datang bukan karena dicari, bahkan ia begitu saja datang tanpa diundang;  sekalipun kita berusaha untuk lari menghindarinya pada akhirnya ia datang juga dan melanda hidup kita.  Tetapi Alkitab mengingatkan 


"Sebab dapatkah disebut pujian, jika kamu menderita pukulan karena kamu berbuat dosa?  Tetapi jika kamu berbuat baik dan karena itu kamu harus menderita, maka itu adalah kasih karunia pada Allah."  

*1 Petrus 2:20* 


Saat ini kita hidup di hari-hari akhir di mana Tuhan hendak memurnikan umatNya.

Masalah dan penderitaan bagi orang percaya merupakan suatu proses pemurnian yang harus dilewatinya.  Penderitaan bisa saja terjadi karena perbuatan Iblis, karena  


"Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan;" 

*Yohanes 10:10a*  


Adalah tugas kita untuk melawan segala tipu muslihat Iblis, sebagaimana firman Tuhan dalam 


*1 Petrus 5:9*  

"Lawanlah dia  (Iblis)  dengan iman yang teguh, sebab kamu tahu, bahwa semua saudaramu di seluruh dunia menanggung penderitaan yang sama." 


Kita harus percaya bahwa Tuhan senantiasa menjaga dan memelihara umatNya, kecuali jika ada celah yang terbuka bagi Iblis karena dosa dan pelanggaran kita.  Jika kita tidak segera bertobat, Iblis akan masuk dan menguasai kita sehingga kita menderita.  


Masalah dan penderitaan bisa terjadi karena seijin Tuhan dimaksudkan untuk memurnikan hidup kita. Dengan mengerti maksud Tuhan di balik masalah dan penderitaan yang kita hadapi, kita akan sadar bahwa kita tidak sendirian menghadapinya, karena Tuhan Yesus senantiasa menyertai dan memberi kekuatan kepada kita.  Di balik masalah dan penderitaan yang kita alami selalu ada maksud mulia Tuhan bagi kita, karena itu tetaplah kuat dan jangan mengeluh.


Milikilah sikap hati yang benar di hadapan Tuhan dalam menjalani kehidupan ini, sebab masalah dan penderitaan ini dipergunakan memproses kehidupan ini agar kelak layak menerima kemuliaan kekal yang melebihi dari segala-galanya, seperti yang dinyatakan dalam 


*2 Korintus 4:17* (TB)  Sebab penderitaan ringan yang sekarang ini, mengerjakan bagi kami kemuliaan kekal yang melebihi segala-galanya, jauh lebih besar dari pada penderitaan kami.


Saudara, marilah kita selalu bersandar pada Tuhan Yesus, dalam kita menjalani proses pemurnian hidup Ini. Dengan percaya semua pasti  berlalu karena  


"Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya,"  

*Pengkotbah 3:11a*


Selamat pagi selamat beraktivitas semangat berproses, Tuhan'Yesus menyertai dan memberkati. AMIN!


*PD Autopia Malang*

_ eddy mulyono_

Komentar

Postingan populer dari blog ini

2272 Rema: TUHAN MEMBERIKAN YANG KITA BUTUHKAN BUKAN YANG KITA INGINKAN

2334 Rema: PERBEDAAN ORANG FASIK DAN ORANG BENAR

520 Rensi: Hukuman Menambah dan Mengurangi Firman