41981 Regi : Seperti Kristus hidup

 Shalom Aleichem b'Shem Yeshua Ha Maschiach. Renungan untuk kekasih Kristus  pagi ini diambil dari


*1Yohanes 2:6 (FAYH)*  

Barangsiapa mengatakan bahwa ia orang Kristen, ia harus hidup seperti Kristus.


Tema : 


*Seperti Kristus hidup* 


Jika kita membaca ayat nats di atas, ketika seseorang berkata bahwa ia orang kristen maka ia mempunyai kewajiban untuk hidup sama seperti Kristus hidup. Bagaimanakah kehidupan Kristus ? Ada beberapa hal yang menonjol dari pribadi Tuhan Yesus, diantarnya : 


1. Karakter yang utama dari Tuhan Yesus adalah kasih. KasihNya kepada Bapa dengan setia dan taat untuk melakukan perintah Bapa sampai akhir hidup di dunia. 


*Filipi 2: 8 (TB)* 

Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.


Di dalam karakter kasih Kristus ini ada kerendahan hati untuk setia dan taat. Walaupun Kristus adalah Sang Putra Tunggal Allah tetapi IA mau taat menjalani penderitaan sebagai manusia sejak kecil tanpa dispensasi sedikitpun sampai disiksa hingga mati di kayu salib. 

Karater "kerendahan hati, kesetiaan selalu dekat dengan Tuhan dan ketaatan melakukan firmanNya" seharusnya menjadi karakter orang kristen seperti  hubungan Tuhan Yesus dengan Bapa. 


2. Selanjutnya Kristus juga telah menghabiskan sebagian besar waktuNya di dunia untuk menjalankan perintah Bapa yaitu mengasihi manusia yang ada dalam belenggu dosa. IA berjalan setiap hari dari pagi sampai malam dan menjadi pelayan bagi manusia yang terbebani tanpa ada fasilitas khusus dan terlebih lagi tanpa membedakan yang dilayani. 


*Matius 20:28* 

sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang."


Tuhan tidak memanfaatkan kuasaNya untuk minta dilayani oleh manusia atau mencari pujian. Sebaliknya Tuhan "selalu melayani dan menjadi hamba". Bahkan ahli taurat dan orang farisi mencela, menghina dan memfitnah Tuhan Yesus saat melakukan pelayanan. Tuhan tidak pernah marah dan membalas perbuatan mereka tetapi Ia tulus melayani karena ini melakukan rencana Bapa yaitu untuk menyelamatkan banyak jiwa. Pelayanan orang kristen bukan fokus pada dirinya sendiri seperti menyatakan seberapa besar kekuatan dan peranan penting kita tetapi fokus kepada orang lain dan pelayanan yang juga membawa pada perubahan diri baik yang melayani dan yang dilayani untuk menjadi manusia baru yang dapat menyangkal diri. 


3. Karater penting lainnya adalah "penguasaan diri".  Walaupun godaan dari kuasa jahat datang mempengaruhiNya tetapi Tuhan Yesus tetap teguh tidak terpengaruh. Seperti ketika Tuhan Yesus digoda kuasa jahat di padang gurun setelah berpuasa 40 hari. Tuhan Yesus memberi respon pada setiap perkataan iblis dengan firman Tuhan. Hal inilah yang membuat Tuhan Yesus dapat menguasai diri, menjaga kekudusan dan menang dari godaan iblis. 


*Yakobus 4:7 (TB)*  Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu! 


Ketaatan Tuhan Yesus kepada perkataan Bapa adalah senjata yang tepat untuk membuat iblis lari dari padaNya. Ini berlaku bagi semua umatNya yang wajib hidup seperti pikiran dan perasaan Kristus dengan terus mengundang Roh Kudus memimpin dan memampukan untuk taat melakukan firmanNya.


*Filipi 2:5, 8 (TB)*  Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus, 


Pada akhirnya, marilah kita berjuang memiliki hati dan pikiran yang menyatu dengan pikiran dan perasaan Kristus. Hal ini adalah suatu kewajiban semua orang mengaku percaya kepada Tuhan Yesus. PengorbananNya di kayu salib tidak akan sia sia. Karena semua pikiran, hati dan perbuatan kita wajib berubah untuk menghidupkan pribadi Tuhan Yesus di dalam seluruh kehidupan kita yang akan menjadi berkat bagi sesama dan kemuliaan namaNya. 


Selamat beraktifitas. Tuhan Yesus memberkati, amin.


 *PD Autopia Malang* 

 *Wita*

Komentar

Postingan populer dari blog ini

2272 Rema: TUHAN MEMBERIKAN YANG KITA BUTUHKAN BUKAN YANG KITA INGINKAN

2334 Rema: PERBEDAAN ORANG FASIK DAN ORANG BENAR

520 Rensi: Hukuman Menambah dan Mengurangi Firman