41982 Regi : SELUBUNG DOSA

 Shalom Aleichem b'Shem Yeshua Ha Maschiach 


Renungan Pagi ini dengan tema 


*SELUBUNG DOSA*


FirmanNya dari


*2 Korintus 3:15-16* (TB) 

¹⁵ Bahkan sampai pada hari ini, setiap kali mereka membaca kitab Musa, ada selubung yang menutupi hati mereka. 

¹⁶ Tetapi apabila hati seorang berbalik kepada Tuhan, maka selubung itu diambil dari padanya. 


Ada beberapa tradisi Yahudi dimana pada saat-saat tertentu, terutama pada Hari Raya Pondok Daun, kitab Musa atau hukum Taurat itu dibacakan. 

Tradisi ini dijaga oleh orang Yahudi sejak mereka kembali dari masa pembuangan Babel, ketika terjadi pertobatan nasional di bawah pimpinan Ezra (Nehemia 8:4)

Tetapi perintah untuk membacakan itu mulai pada jaman Musa (Ulangan 31:11).

Tetapi, sungguh sayang, karena _"setiap kali mereka membaca kitab Musa, ada selubung yang menutupi hati mereka"_..  Yang dimaksud Paulus adalah, tanpa pertobatan, tidak mungkin seseorang akan bisa mengerti atau memahami firman Allah.

Ada selubung yang menghalangi hati mereka yang masih "menolak" Tuhan Yesus.  

Padahal, kunci memahami firman Allah, menurut Paulus adalah Kristus, Sang Firman itu sendiri, yang sanggup menyingkapkan rahasia firman.


*2 Korintus 3:14* (TB)  

¹⁴ Tetapi pikiran mereka telah menjadi tumpul, sebab sampai pada hari ini selubung itu masih tetap menyelubungi mereka, jika mereka membaca perjanjian lama itu tanpa disingkapkan, karena hanya Kristus saja yang dapat menyingkapkannya. 


Selubung itu adalah ketidak percayaan atau penolakan mereka pada Kristus yang adalah Mesias.  

Bagaimana akan bisa menyingkapkan selubung itu, bila yang dapat menyingkapkan-nya, yaitu Kristus, mereka tolak.  Karena penolakan terhadap Sang Firman, akan menghasilkan kekerasan hati. Sama seperti Firaun yang menolak Allah ketika Musa memintanya supaya melepaskan Israel..


*Keluaran 5:2* (TB)  

² Tetapi Firaun berkata: *_"Siapakah TUHAN_* itu yang harus kudengarkan firman-Nya untuk membiarkan orang Israel pergi? *_Tidak kenal aku TUHAN itu_* dan tidak juga aku akan membiarkan orang Israel pergi." 


Karena itulah, semakin keras penolakan, semakin tebal selubung yang menutupi hatinya. Semakin menolak semakin tebal, demikian seterusnya.

Tidak ada cara lain untuk melepas selubung itu selain mau berbalik kepada Tuhan Yesus dan menerima serta percaya kepada-Nya, karena hanya itu kuncinya..!


Kepada Kristus yang telah hidup, mati dan bangkit dari kematian, telah diberikan segala kuasa yang ada di dunia dan di sorga. Hanya Dia yang akan membuka dan melepas selubung dosa yang membebat hati dan hidup manusia, sehingga kita akan benar-benar merdeka.


Selamat Pagi Selamat Beribadah

Tetap Bersemangat

Tuhan Yesus memberkati.. Amin.


*PD AUTOPIA Malang*

_hasansantoso_

Komentar

Postingan populer dari blog ini

2272 Rema: TUHAN MEMBERIKAN YANG KITA BUTUHKAN BUKAN YANG KITA INGINKAN

2334 Rema: PERBEDAAN ORANG FASIK DAN ORANG BENAR

520 Rensi: Hukuman Menambah dan Mengurangi Firman