41985 Regi : Bangun dari tidur dan berjaga-jaga

 Shalom Aleichem b'Shem Yeshua Ha Mashiach. Renungan di pagi ini diambil dari:


 *1 Tesalonika 5:5-6 (TB)*  

karena kamu semua adalah anak-anak terang dan anak-anak siang. Kita bukanlah orang-orang malam atau orang-orang kegelapan.

Sebab itu baiklah jangan kita tidur seperti orang-orang lain, tetapi berjaga-jaga dan sadar. 


Tema : 


*Bangun dari tidur dan berjaga-jaga* 


Ketika kita tengah tertidur dengan pulas maka kita tidak akan mengingat apa-apa lagi. Kehilangan kesadaran, tidak mendengar suara, tidak melihat segala sesuatu yang terjadi dan menjadi lengah. Sebagai contoh banyak kecelakaan lalulintas disebabkan oleh orang yang mengantuk dan ini berakibat fatal. 


Dalam hal rohani, iman yang tertidur juga dapat memberi dampak yang tidak baik dan membahayakan jika tidak ada usaha untuk segera bangun serta bangkit kembali. 

Terdapat beberapa hal yang menyebabkan iman kita tertidur yaitu kesibukan pekerjaan, jadwal kegiatan yang padat dan bahkan pelayanan yang tidak tulus dapat mengakibatkan kelelahan rohani yang membuat iman tertidur. Bila terus berlanjut maka akan berakhir pada kebinasaan. Karena itu rasul Paulus mengingatkan kita untuk bangun dari tidur supaya tidak terjatuh ke dalam kegelapan. 

Sebagaimana apa yang telah dilakukan Yunus tertidur nyenyak, ketika badai datang menerpa kapal yang ditungganginya


*Yunus 1:6* 

Datanglah nakhoda mendapatkannya sambil berkata: "Bagaimana mungkin engkau tidur begitu nyenyak? Bangunlah, berserulah kepada Allahmu, barangkali Allah itu akan mengindahkan kita, sehingga kita tidak binasa."


Supaya dapat bangun kita membutuhkan pertolongan Tuhan karena besar peperangan antara godaan iblis atau keinginan dunia dengan Roh Allah yang ada di dalam diri kita. Kita perlu bekerjasama yang baik dengan Roh Allah yaitu dengan terus meningkatkan hubungan yang karib untuk melawan iblis, seperti yang telah difirmankan dalam.


 *1 Petrus 5:9 (TB)*  

Lawanlah dia dengan iman yang teguh, sebab kamu tahu, bahwa semua saudaramu di seluruh dunia menanggung penderitaan yang sama.


Hubungan yang erat dengan Tuhan melalui pendengaran akan firman Tuhan, dapat menumbuhkan iman yang kuat untuk melawan segala godaan


*Roma 10:17 (TB)*  

Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus. 


Karena itu jangan kendor tetaplah bersemangat membaca ,merenungkan  firman Tuhan, sebab semakin sering kita membaca atau mendengar firman Tuhan maka Roh Kudus akan melindungi dan menguatkan iman, sehingga ketika pergumulan dan penderitaan hidup datang kita tidak akan goyah. 

Ingat tidak ada seorangpun yang tahu kapan waktu Tuhan datang, kita diperkenan  untuk mengalami masalah maupun waktu Tuhan untuk memanggil kita pulang ke rumah Bapa. 


Karena itu marilah kita terus berusaha untuk setia berhubungan erat dengan Tuhan dalam ibadah melalui doa, pujian dan pembacaan firman Tuhan, agar Roh Kudus membuat kita tetap sadar dan bangkit supaya dapat membedakan mana yang menjadi kehendak Allah dan yang bukan. 


 *Efesus 5:14* 

Itulah sebabnya dikatakan: "Bangunlah, hai kamu yang tidur dan bangkitlah dari antara orang mati dan Kristus akan bercahaya atas kamu."


Terang Kristus yang membuat kita dapat berjaga-jaga karena sinar terangNya mampu menyingkapkan sisi kegelapan hidup kita. 

TerangNya memampukan kita melihat jalan kebenaran dan kekudusan serta diberi kemampuan untuk berjaga-jaga dari hasutan kuasa jahat yang membawa pada kematian kekal. 


Selamat beraktifitas dan Tuhan Yesus memberkati. Haleluya. Amin. 


 *PD Autopia Malang* 

 *Wita*

Komentar

Postingan populer dari blog ini

2272 Rema: TUHAN MEMBERIKAN YANG KITA BUTUHKAN BUKAN YANG KITA INGINKAN

2334 Rema: PERBEDAAN ORANG FASIK DAN ORANG BENAR

520 Rensi: Hukuman Menambah dan Mengurangi Firman