41662 Regi : Perbuatan Baik

 Shalom Aleichem b'Shem Yeshua Ha Maschiach.


Renungan pagi ini berjudul: 


*Perbuatan Baik*


Nas Alkitab:


*Yohanes 5: 29* (TB)  

... mereka yang telah berbuat baik akan keluar dan bangkit untuk hidup yang kekal, tetapi mereka yang telah berbuat jahat akan bangkit untuk dihukum.


Para kekasih Kristus, berdasarkan ayat di atas kita dapat menyimpulkan bahwa perbuatan baik di mata Allah bernilai tidak saja di dunia ini, namun hingga pada masa kekekalan.


Namun yang dimaksudkan dengan perbuatan baik itu tidaklah mudah, hikmat yang diterima Nabi Yeremia:


"Sungguh, bodohlah umat-Ku itu, mereka tidak mengenal Aku! Mereka adalah anak-anak tolol, dan tidak mempunyai pengertian! Mereka pintar untuk berbuat jahat, tetapi untuk berbuat baik mereka tidak tahu." - *Yeremia 4: 22* (TB)  


Pada zaman Perjanjian Barupun, Rasul Paulus mengingatkan agar Jemaat Galatia tidak salah dalam menerapkan kemerdekaan mereka atas dosa:


*Galatia 5:13* TB

Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih. 


Manusia cenderung salah dan berbuat jahat (hidup dalam dosa). Kehendak-Nya kita ingin menjauhi dosa, kenyataannya kita terjatuh pada kubangan dosa:


Sebab bukan apa yang aku kehendaki, yaitu yang baik, yang aku perbuat, melainkan apa yang tidak aku kehendaki, yaitu yang jahat, yang aku perbuat. - 

*Roma 7: 19* TB


Sehingga untuk melakukan perbuatan baik, kita butuh pertolongan TUHAN pada setiap momen perjalanan kehidupan kita. Hal itu ditegaskan oleh Tuhan Yesus melalui firman-Nya: 


*Yohanes 15: 4* TB

Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku. 


Marilah para kekasih Kristus, dalam kesibukan kita sehari-hari, kita tetap mengingat dan mengundang Kristus tinggal di dalam diri kita dan kita selalu ingat akan firman-firman-Nya; agar perbuatan baik, bahkan kasih senantiasa mengalir dari diri kita.


Selamat pagi dan selamat beraktivitas.

Tuhan Yesus memberkati, amin.


*PD Autopia Malang*

_gunawanwibisono_

Komentar

Postingan populer dari blog ini

2272 Rema: TUHAN MEMBERIKAN YANG KITA BUTUHKAN BUKAN YANG KITA INGINKAN

2334 Rema: PERBEDAAN ORANG FASIK DAN ORANG BENAR

520 Rensi: Hukuman Menambah dan Mengurangi Firman