42125 Regi : BERJUANG MENGUASAI DIRI SENDIRI

 Shalom Aleichem b'Shem Yeshua Ha Maschiach

Tema renungan pagi ini:


*BERJUANG MENGUASAI DIRI SENDIRI*


*Bacaan:  Roma 6:1-14*


*Nas: Roma 6:12*

"Sebab itu hendaklah dosa jangan berkuasa lagi di dalam tubuhmu yang fana, supaya kamu jangan lagi menuruti keinginannya."  


Di dunia ini, asal punya uang banyak atau menduduki jabatan tinggi, orang akan dengan mudahnya menguasai orang lain.  Dengan iming-iming uang atau hadiah, orang dapat dengan mudahnya memerintah orang lain untuk menuruti apa saja yang menjadi keinginannya.  Namun untuk dapat menguasai diri sendiri itu pekerjaan yang tidak mudah walaupun dalam hati ada keinginan untuk melakukan, sebab dalam diri manusia terbangun dua sikap yang saling berjuang yaitu baik dan jahat, seperti dua sisi mata uang yang tak terpisahkan.


Ketidakmampuan dalam menguasai diri membuat Saul selalu merencanakan hal-hal yang jahat terhadap Daud, sehingga berbagai upaya dilakukan untuk membunuh Daud, walau semuanya gagal.  

Rasul Paulus juga punya pengalaman:  

"Sebab apa yang aku perbuat, aku tidak tahu. Karena bukan apa yang aku kehendaki yang aku perbuat, tetapi apa yang aku benci, itulah yang aku perbuat."  

*Roma 7:15*


Dalam Alkitab, penguasaan diri diartikan sebagai kemampuan untuk mengendalikan pikiran dan kebiasaan yang buruk yang tidak sesuai dengan kehendak Allah. Penguasaan diri merupakan salah satu buah Roh yang dibahas dalam Galatia 5:22-23.


Penguasaan diri yang baik dapat membantu orang percaya pada Kristus untuk: 

 1.Melawan kuasa daging

 2.Menunjukkan buah Roh 

 3.Menghasilkan sifat-sifat positif dan karakter saleh

4.Tidak rentan terhadap godaan, pengaruh dunia, dan permusuhan.


Sehingga apabila kita berjuang menguasai diri dengan kekuatan sendiri kita takkan mampu menguasai diri kita, karena pada dasarnya daging kita ini sangat lemah.  

Karena itu, perjuangan kita menguasai diri membutuhkan pertolongan Roh Kudus dalam hidup ini!  Bila Roh Kudus yang memegang kendali hidup kita, kita akan mampu menguasai diri sendiri. 


Setiap kali kita hendak melakukan perbuatan yang menyimpang dari kehendak Tuhan, sesungguhnya hati kecil ini sudah mendengar peringatan Roh Kudus, hanya saja daging ini tak mau tunduk dan terus mengabaikan suara bimbingan Nya.

*Galatia 5:24_25*


Karena itu agar kita dapat menguasai diri dan menang atas setiap pergumulan, kuncinya adalah:

1.  *Matius 26:41*

Berjaga-jaga dan berdoa, sebab roh penurut tapi daging lemah  


2.*Yakobus 1:19*

Hai saudara-saudara yang kukasihi, ingatlah hal ini: setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata, dan juga lambat untuk marah;


3.*Roma 12:12 (TB)* 

Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa! 


Kehebatan orang yang dapat menguasai diri akan menang dalam menghadapi setiap pergumulan dan tantangan hidup yg silih berganti mendera hidup kita. Sebagaimana dikatakan. 


*Amsal 16:32*

"Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, *orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota."* 


Saudara bersama Roh Kudus kita akan dapat menguasai diri dalam hidup kita. 


Selamat pagi, selamat beraktivitas. 

Tuhan Yesus memberkati Amin! 


*PD Autopia Malang*

_eddy mulyono_

Komentar

Postingan populer dari blog ini

2272 Rema: TUHAN MEMBERIKAN YANG KITA BUTUHKAN BUKAN YANG KITA INGINKAN

2334 Rema: PERBEDAAN ORANG FASIK DAN ORANG BENAR

520 Rensi: Hukuman Menambah dan Mengurangi Firman